Home / Ulama / AaGym / Jangan Hanya Tahu
aagym - jangan hanya tahu

Jangan Hanya Tahu

Alhamdulillah. Segala puji hanya milik Alloh Swt. Semoga Alloh Yang Maha Mendengar segala bisikan hati, menggolongkan kita sebagai hamba-hamba-Nya yang istiqomah di jalan-Nya. Sholawat dan salam semoga selalu terlimpah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Saudaraku, sebagai seorang muslim, kita tentu pernah diajarkan tentang ajaran Islam baik oleh orangtua kita, saudara kita, guru kita atau teman kita. Hingga kita mengetahui tentang syahadat, sholat, zakat, shaum dan haji. Kita juga mengetahui tentang keutamaan sikap jujur, amanah, ikhlas, rendah hati, disiplin, dan nilai-nilai kebaikan lainnya.

Akan tetapi, ada hal yang juga tidak kalah penting dari sekedar ‘mengetahui’ itu semua, yaitu mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari. Untuk apa kita mengetahui tentang sholat, jumlah rokaatnya, waktu-waktunya, tapi kita tidak sungguh-sungguh menunaikannya, masih sering terlambat bahkan terlewat. Jikapun kita laksanakan, hanya sekedar ritual gerakan, tidak meresap ke dalam hati dan tidak berpengaruh pada akhlak sehari-hari.

Padahal, sesungguhnya semakin berkualitas sholat kita, maka akan semakin berkualitas juga akhlak kita. Ucapan semakin terjaga dari kata-kata kotor dan sia-sia, perbuatan semakin terpelihara dari sikap zholim dan maksiat. Amanah ditunaikan, janji dipenuhi, tanggungjawab dijalankan penuh dedikasi, semua karena rasa yakin bahwa Alloh menyukai sikap yang demikian.

Kita mengetahui nama-nama para nabi dan rosul. Tapi, untuk apa jikalau kita hanya mengetahui nama-namanya tanpa meneladani dan meniru akhlaknya, kesabarannya, kejujurannya, keistiqomahannya, dan sifat-sifat mulia lainnya.

Alloh Swt. berfirman, “Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam keseluruhan..” (QS. Al Baqoroh [2] : 208)

Saudaraku, keimanan adalah meyakini dengan hati, mengikrarkan dengan lisan dan membuktikannya dengan perbuatan. Kita tahu bahwa Alloh menyukai hamba-Nya yang sholat dengan khusyu, maka lakukanlan. Kita tahu bahwa Alloh mencintai hamba-Nya yang amanah, maka amanahlah. Semoga kita termasuk hamba-hamba Alloh Swt. yang beriman dengan keimanan yang sebenar-benarnya. Aamiin yaa Robbal’aalamiin.[]

 

Oleh: KH. Abdullah Gymnastiar ( Aa Gym )
Beliau adalah pengasuh pondok pesantren Daarut Tauhiid Bandung – Jakarta.

Editor : Rashid Satari

Website ini didukung oleh Muslim Designer, Niaga Berkah dan Jilbab SHAREEFA

Comments

comments

About andysyauqi