Home / Ulama / AaGym / Hidup Bermanfaat Ciri Kesuksesan
aagym - hidup bermanfaat ciri kesuksesan

Hidup Bermanfaat Ciri Kesuksesan

 

Alhamdulillah. Segala puji hanya milik Alloh Swt. Semoga Alloh Yang Maha Baik, senantiasa melimpahkan kemudahan bagi kita untuk mengikuti petunjuk-Nya. Karena hanya orang-orang yang berjalan mengikuti petunjuk-Nya-lah yang akan meraih kebahagiaan dunia akhirat. Sholawat dan salam semoga selalu terlimpah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Saudaraku, kita seringkali mengukur kesuksesan manusia itu dari segi harta kekayaannya. Semakin kaya seseorang, maka semakin sukseslah dia di mata kita. Atau, makin seseorang banyak gelarnya maka makin sukses. Padahal orang sukses dalam ajaran Islam bukanlah karena alasan banyak harta, bukan yang banyak gelarnya. Orang sukses dalam ajaran Islam adalah orang yang bisa menjadi manfaat bagi orang lain dan lingkungannya.

Rosululloh Saw. bersabda, “Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lain.” (HR. Thobroni, Daruquthni)

Apakah artinya banyak harta tapi tidak manfaat, itu sama sekali tidak sukses. Banyak gelar tapi ilmunya tidak manfaat, inipun tidak sukses. Orang kaya tapi hartanya tidak manfaat untuk lebih banyak orang, maka dia hakikatnya orang miskin, hanya mengumpulkan harta untuk dirinya sendiri. Apa artinya punya jabatan tinggi tapi tidak manfaat, apalagi jika malah dipergunakan untuk hal-hal yang tercela seperti korupsi misalnya.

Oleh karena itu, untuk mengukur kesuksesan diri kita sendiri lihatlah apakah kita sudah bisa menjadi manfaat untuk lebih banyak orang ataukah tidak. Kita bisa belajar dari matahari yang tiada pernah berhenti melimpahkan sinarnya kepada kita tanpa pernah terpikir mengharap pamrih. Atau, kita bisa belajar kepada jantung yang terus saja berdenyut memompakan darah ke seluruh bagian tubuh kita siang-malam tanpa kenal lelah, tanpa terpikir untuk diberi balas budi.

Kalau ada seorang pelajar pintar dan peringkat satu di sekolahnya, tapi dia hanya pintar sendirian tanpa mau membantu teman-temannya untuk pintar, maka dia belum bisa dikatakan sukses. Orang sukses bisa jadi tidak mendapat peringkat satu, tapi dengan ilmunya ia banyak membantu orang.

Jadi, jangan lihat seseorang dari apa yang ia miliki. Tapi, lihatlah manfaat apa yang bisa dia bagi. Maasyaa Alloh. Semoga kita termasuk orang-orang sukses dalam arti yang agung ini, bisa menjadi manfaat bagi orang lain dan lingkungan kita. Aamiin yaa Robbal ‘aalamiin.[]

 

Oleh: KH. Abdullah Gymnastiar ( Aa Gym )
Beliau adalah pengasuh pondok pesantren Daarut Tauhiid Bandung – Jakarta.

Editor : Rashid Satari

Website ini didukung oleh Muslim Designer, Niaga Berkah dan Jilbab SHAREEFA

Comments

comments

About andysyauqi