Home / Ulama / AaGym / Ar-Robb
aagym - Ar Robb

Ar-Robb

Alhamdulillah. Segala puji hanya milik Alloh Swt. Semoga Alloh Yang Maha Menyaksikan, senantiasa memberi petunjuk kepada kita sehingga kita selalu haqqul yakin kepada-Nya. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Salah satu asma Alloh adalah Ar Robb. Dalam surat Al Fatihah kita sering menyebut nama mulia ini, Ar Robb. Banyak sekali Alloh Swt. menyebut nama-Nya dengan Ar Robb dalam Al Quran, salah satunya adalah dalam firman-Nya, “Dan kamu tidak dapat menghendaki (menempuh jalan itu) kecuali apabila dikehendaki Allah, Robb semesta alam.” (QS. At Takwiir [81] : 29)

Ar Robb berarti Alloh yang menciptakan, yang membina, yang mengatur dan yang menguasai jagat raya ini. Di sinilah tauhiid Rubbubiyyah, kita harus sangat yakin bahwa segala sesuatu yang ada di alam semesta ini, dari yang terkecil sampai yang paling besar adalah ciptaan Alloh dan ada dalam kekuasaan-Nya. Dari kromosom, DNA, inti sel sampai benda-benda langit, bintang, galaksi adalah ciptaan Alloh Swt dan dalam pengaturan-Nya.

Tubuh kita ini adalah Alloh yang mendesain. Jari-jemari kita Alloh ciptakan dengan sempurna sehingga bisa ditekuk, merasa dan menggenggam dengan kuat. Alloh juga yang mengurus tubuh kita ini sesungguhnya. Karena kita tidak bisa mengurusnya kecuali hanya sebagian kecil saja. Kita tidak mengerti mengapa kuku harus sedemikian rupa, kita pun tak berdaya mengendalikan pertumbuhannya kecuali hanya memotongnya sedikit-sedikit saja. Jantung kita pun demikian, berdegup secara teratur di luar kendali kita. Maasyaa Alloh, Alloh yang mengatur semua.

Semesta alam ini takluk kepada Alloh Swt. Jika Alloh menghendaki suatu kejadian maka pasti terjadi, tidak ada yang bisa menahannya. Dan apapun yang tidak Alloh kehendaki, maka pasti tidak akan terjadi, tidak ada yang bisa memaksanya untuk terjadi. Inilah kehebatan Robbul ‘aalamiin, Tuhan semesta alam.

Oleh karena itu, seseorang yang sudah mengenal Alloh dengan baik, mengerti makna dari nama Ar Robb ini, maka segala sesuatu di dunia ini menjadi kecil di matanya. Sekuat apapun manusia yang berkuasa di muka bumi ini, kecil saja dalam pandangannya. Karena yang Maha Besar hanyalah Alloh Swt. Seseorang akan silau dan terkagum-kagum pada makhluk yang berkuasa di dunia, jika ia belum mengenal Alloh, Ar Robb, Tuhan semesta alam.

Alhamdulillahi Robbil’aalamiin, segala puji hanya milik Alloh, Robb semesta alam. Imam Ibnu Qoyyim, semoga Alloh merohmatinya, menerangkan bahwa Ar Robb adalah Dia Yang Maha Berkuasa, Yang Maha Mencipta, Yang Maha Mengadakan, Yang Maha Hidup, Yang Maha Berdiri Sendiri, Yang Maha Memajukan dan Mengakhirkan, Yang Maha Memberi Hidayah, jadi nama-nama Alloh terangkumlah dalam Ar Robb.

Semoga kita semakin mengenal Alloh dan semakin yakin kepada-Nya. Karena hanya dengan mengenal Alloh, yakin dan dekat kepada-Nya, hati kita akan menjadi tenang. Inilah kunci kebahagiaan di dunia dan akhirat. Insyaa Alloh.

 

Oleh: KH. Abdullah Gymnastiar ( Aa Gym )
Beliau adalah pengasuh pondok pesantren Daarut Tauhiid Bandung – Jakarta.

Editor : Rashid Satari

Website ini didukung oleh Muslim Designer, Niaga Berkah dan Jilbab SHAREEFA

 

Comments

comments

About andysyauqi