Home / Ulama / AaGym / Alloh Maha Berkehendak
aagym - Alloh maha berkehendak

Alloh Maha Berkehendak

Alhamdulillah. Segala puji hanya milik Alloh Swt. Tiada yang wajib kita sembah selain Alloh Swt. dan tiada yang kuasa memenuhi segala kebutuhan kita kecuali Alloh Swt. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Saudaraku, jika Alloh Swt. menghendaki suatu kebaikan terjadi pada makhluk-Nya, maka tiada seorangpun dan tiada suatu apapun yang bisa menghalanginya. Demikian juga sebaliknya, jika Alloh menghendaki keburukan menimpa makhluk-Nya, maka tiada siapapun dan apapun yang bisa menghalanginya.

Alloh Swt. berfirman, “Jika Alloh menimpakan sesuatu kemudharatan kepadamu, maka tidak ada yang dapat menghilangkannya kecuali Dia. Dan jika Alloh menghendaki kebaikan bagi kamu, maka tak ada yang dapat menolak karunia-Nya. Dia memberikan kebaikan itu kepada siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan Dia-lah yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Yunus [10] : 107)

Seperti ibadah haji dan umroh misalnya, tidak setiap orang yang berangkat ke tanah suci baik untuk haji maupun umroh itu adalah orang yang memiliki cukup uang untuk berangkat. Akan tetapi, ternyata kenyataannya banyak orang yang dalam keadaan seperti itu justru bisa berangkat dan menyelesaikan semua rangkaian ibadah umroh dan haji sampai akhirnya pulang kembali ke tanah air. Bagi Alloh, tidak ada yang mustahil. Maasyaa Alloh.

Jalannya, ada yang didanai oleh orangtuanya, anaknya, atau kerabatnya bahkan oleh orang lain. Ada juga yang diundang langsung oleh pihak pemerintah pengelola tanah suci karena suatu prestasinya. Atau karena sebab lain yang menjadi jalannya. Semua itu terjadi tiada lain adalah karena Alloh menghendakinya.

Bukankah tidak sedikit juga orang yang memiliki keberlimpahan harta kekayaan tapi nampak sulit sekali untuk menunaikan umroh dan haji karena berbagai macam sebab.

Oleh karena itu, yakinlah bahwa Alloh Maha Kuasa atas segala sesuatu. Jika Alloh menghendaki sesuatu terjadi, maka tak ada yang bisa menghalangi. Semoga semakin menambah keimanan kita kepada-Nya. Aamiin yaa Robbal ‘aalamiin.[]  

 

Oleh: KH. Abdullah Gymnastiar ( Aa Gym )
Beliau adalah pengasuh pondok pesantren Daarut Tauhiid Bandung – Jakarta.

Editor : Rashid Satari

Website ini didukung oleh Muslim Designer, Niaga Berkah dan Jilbab SHAREEFA

 

Comments

comments

About andysyauqi