Home / Kajian / Akhlak / Membalas Kebaikan dengan Mendoakan
doa

Membalas Kebaikan dengan Mendoakan

Memohonkan syafaat kepada Allah adalah dengan cara berdoa untuk seorang muslim. Diriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam pernah bersabda,

من دعا لأخيه المسلم بظهر الغيب استجيب له وقال له الملك ولك مثل ذلك

Artinya: Jika seseorang berdoa untuk seorang muslim tanpa sepengetahuannya maka doa tersebut pasti akan dikabulkan oleh Allah, dan malaikat akan berkata kepadanya: Semoga Allah memberimu apa yang kau mintakan untuknya.”

Dengan keterangan di atas, jelaslah bahwa doa seorang mukmin untuk mukmin lainnya dalam segala hal yang menyangkut urusan duniawi dapat dilakukan dan ada faedahnya. Hal ini ditegaskan lagi oleh hadis Rasulullah shallallahu alaihi wasallam yang memerintahkan kaum mukminin untuk saling mendoakan satu sama lain.

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam pernah bersabda,

من سألكم بالله فأعطو , ومن أتاكم معروفا فكافوه , وإن لم تجدوا ما تكافونه فادعو الله له حتى تظنّوا أنكم قد كافيتموه

Artinya: Jika ada orang yang meminta sesuatu dari kalian dengan menyebut nama Allah, penuhilah permintaannya. Jika seseorang melakukan suatu kebaikan untuk kalian, balaslah budinya. Namun, bila kalian tidak bisa membalasnya dengan apa yang sesuai dengan kebaikannya, mintalah kepada Allah untuk membalasnya. Dengan begitu, berarti kalian telah membalas budi orang tersebut.”

Kata-kata seperti جزاك الله خيرا (Semoga Allah membalasmu dengan kebaikan) yang diucapkan sebagai pengungkapan rasa terima kasih termasuk doa dan syafaat yang dimohonkan kepada Allah SWT untuk orang tersebut. Masih banyak lagi kalimat lainnya yang sering kita ucapkan dalam kehidupan sehari-hari kepada sanak keluarga dan para sahabat. Doa dan syafaat seperti ini bisa diterima oleh semua kalangan, tanpa ada yang memperselisihkannya.

Ditulis oleh : Ust. Abdul Wahab Lc.

Comments

comments

About AndySyauqi