Home / Berita / Tentara Suriah Memperketat Penjagaan di Distrik Utama Aleppo
Dokumentasi AP
Dokumentasi AP

Tentara Suriah Memperketat Penjagaan di Distrik Utama Aleppo

Pasukan Suriah berada di ambang sebuah distrik utama yang dikuasai pemberontak di Aleppo timur pada Selasa (6/12), karena Damaskus dan sekutu Moskow memperingatkan bahwa pemberontak yang gagal meninggalkan kota dengan damai akan dihancurkan, demikian dilansir Aljazeera.

Setelah merebut kembali kontrol dari sekitar dua-pertiga Aleppo Timur dari oposisi menguasai hampir 70 persen dari Aleppo Timur, setelah empat tahun sejak pertama kali pemberontak mengepungnya dan membagi kota kuno.

Di Damaskus, Departemen Luar Negeri, dalam sebuah pernyataan yang disiarkan pada kantor berita SANA, menyatakan bahwa pemerintah tidak akan membiarkan pemberontak memiliki kesempatan untuk “berkumpul kembali dan ulangi kejahatan mereka” di Aleppo.

Pada hari Senin, Rusia dan China memblokir rancangan resolusi di Dewan Keamanan PB,B menuntut gencatan senjata tujuh hari di Aleppo untuk mengevakuasi orang sakit dan terluka, dan untuk menyediakan waktu relawan bantuan kemanusiaan untuk mendapatkan makanan dan obat-obatan.

Rusia, pendukung utama pemerintah Suriah mendukung serangan pemerintah tersebut, telah berulang kali memblokir di Dewan Keamanan atas Suriah.

“Mereka yang menolak untuk meninggalkan dengan baik-baik akan dihancurkan. Tidak ada cara lain,” kata Sergey Lavrov, Menteri Luar Negeri Rusia, kepada wartawan di Moskow, berbicara tentang para pemberontak Suriah.

Observatorium Suriah yang berbasis di Inggris untuk Hak Asasi Manusia, sebuah kelompok pemantau, mengatakan Distrik Shaar direbut kembali, tentara pemberontak akan dikurangi menjadi “perang gesekan” dengan tentara Suriah.
“Ini adalah lingkungan yang paling penting di jantung Aleppo Timur, dan di ambang jatuh,” Rami Abdel Rahman, Kepala Observatorium Suriah kepada kantor berita AFP, dengan menambahkan bahwa pasukan rezim sudah menguasai sepertiga dari disktrik.

Comments

comments

About Agus Iskandar Darmawan