Home / Berita / Pemberontak Kehilangan Sebagian Wilayah Aleppo Timur
Dokumentasi AP
Dokumentasi AP

Pemberontak Kehilangan Sebagian Wilayah Aleppo Timur

Pemberontak Suriah telah kehilangan seluruh daerah utara mereka di Aleppo timur, menurut kelompok pemantau pada Senin (28/11), saat tentara melancarkan serangan untuk merebut kembali kota tersebut.

Tentara merebut daerah Sakhur, Haydariya dan Sheikh Khodr pada Senin, sementara pasukan Kurdi merebut distrik Sheikh Fares dari tangan pemberontak, ungkap Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia. Hari sebelumnya Tentara Suriah berhasil merebut daerah kunci Aleppo Timur, Jabal Badro dan Baadeen.
Pasukan Kurdi di Aleppo tidak secara resmi bersekutu dengan rezim, tetapi oposisi menganggap mereka bekerja sama dengan pemerintah dalam upaya merebut kembali kota itu.

“Pemberontak kehilangan kendali mereka terhadap semua kawasan di utara Aleppo timur, dan ini adalah kekalahan terburuk mereka sejak merebut sebagian kota itu pada 2012,” ungkap Rami Abdel Rahman, Direktur Observatory, seperti dikutip Aljazeera.

Dia mengatakan hampir 10.000 warga sipil melarikan diri dari Aleppo Timur sepanjang malam pada Sabtu (26/11), 6000 orang ke daerah Suku Kurdi, Sheikh Maksoud. Sementara sisanya ke daerah kakuasaan pemerintah.
“Ini eksodus pertama dari Aleppo Timur sejak 2012,” ungkapnya

Comments

comments

About Agus Iskandar Darmawan