Home / Berita / PBB Tunggu Lampu Hijau Rusia dan Pemerintah Suriah untuk Berikan Bantuan ke Aleppo
dokumentasi Reuters
dokumentasi Reuters

PBB Tunggu Lampu Hijau Rusia dan Pemerintah Suriah untuk Berikan Bantuan ke Aleppo

Jan Egeland, Kepala Operasi Kemanusiaan PBB untuk Suriah, mengabarkan bahwa para pemberontak di Aleppo sudah memberikan persetujuan tertulis untuk menyalurkan bantuan ke Aleppo, tinggal menunggu “lampu hijau” dari Rusia dan Pemerintas Suriah.

“Kita telah menerima persetujuan tertulis dari kelompok oposisi di Aleppo Timur. Kita berharap memperoleh lampu hijau penuh dari kubu Rusia dan kubu Pemerintah Suriah,” kata Egeland kepada wartawan di Geneva pada Kamis (24/11). Secara spesifik dia menunjuk pemberontak yang berhubungan dengan PBB—tidak termasuk Jabhat Fateh al-Sham, seperti dilansir Aljazeera.

Dia mengatakan PBB merencanakan empat point penting pemberian bantuan meliputi pengiriman makanan dan obat-obatan, evakuasi 200 korban luka-luka atau para disable dan merotasi para tim medis.

Dia mengatakan tidak ada renca B. “Dengan berbagai cara, Plan B itu adalah orang-orang kelaparan. Dan bisakah kita membiarkannya terjadi? Tidak. Kita tidak bisa membiarkan itu terjadi,” tegasnya.

Lebih dari 2500.000 masyarakat sipil masih terperangkap tersebar di Aleppo dan berisiko kelaparan karena musim dingin yang sedang terjadi. Saat ini, truk-truk bantuan sedang menunggu di Turki dan Aleppo Barat, namun PBB butuh waktu 72 jam untuk menyiapkannya. “Ini operasi yang sulit dan berbahaya,” Egeland menambahkan.

Comments

comments

About Agus Iskandar Darmawan