Home / Berita / MUI Tegaskan Sikapnya kepada Ahok Tidak Berubah
gambar : news.liputan6.com
gambar : news.liputan6.com

MUI Tegaskan Sikapnya kepada Ahok Tidak Berubah

Majelis Ulama Indonesia (MUI) menegaskan tidak akan mundur sedikitpun atas sikapnya terhadap Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaya Purnama (Ahok), yang dinilai telah melakukan penistaan Agama Islam. Ahok dinilai, dengan terang-terangan menistakan al-Quran surat al-Maidah ayat 51 pada pidatonya di Kepulauan Seribu, September lalu.
Seperti yang dilansir Republika.co.id pada Kamis (20/10), Ketua Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat MUI, M Cholil Nafis menyatakan, di tengah serangan dan petisi pembubaran MUI, sikap yang diambil MUI tidak perlu dicabut karena dilindungi undang-undang. Dia menambahkan, setiap induvidu atau kelompok bebas mengeluarkan pendapat sesuai keyakinannya asal tidak merendahkan dan menistakan agama dan orang lain.
“MUI bukan lembaga negara juga bukan pengadilan. Konstitusi kita menjamin, siapapun berhak menyatakan sikap apalagi MUI yang ditunggu oleh masyarakat untuk menjelaskan paham keagamaan,” kata Cholil.
Dia mengungkapkan, sikap MUI terhadap Ahok adalah jawaban dari umat yang menunggu untuk bertindak. MUI tidak meprovokasi atau membuat kondisi negara menjadi keruh. Sebaliknya, MUI ingin kembali meluruskan kerangka kehidupan beragama yang seusai dengan undang-undang.
“Jangan salah, sikap ini merupakan respon dan reaksi terhadap aksi yang dilakukan oleh Ahok dan masyarakat. Jadi, yang bikin gaduh ya Ahok yang diolah orang lain, sementara posisi MUI itu menenangkan dan meluruskan kerangka beragama dan berbangsa agar sesuai undang-undang dan taat hukum,” ujar Cholil.
Ia mengajak masyarakat untuk menunggu kerja aparat penegak hukum agar ada kepastian hukum atas tindakan Ahok itu, karena kepastian hukum ini penting untuk keberlangsungan hidup beragama dan bernegara, sekarang dan di masa yang akan datang.

Comments

comments

About Agus Iskandar Darmawan