Home / Berita / Menteri Luar Negeri Arab Saudi Tolak Kritikan dari Iran
menlu-arabsaudi

Menteri Luar Negeri Arab Saudi Tolak Kritikan dari Iran

NEW YORK, Menteri Luar Negeri Arab Saudi pada hari Sabtu (26/09/2015) dengan tegas menolak kritik Iran mengenai penanganan haji setelah Teheran menuntut penyelidikan insiden yang mengakibatkan sedikitnya 769 orang meninggal dunia, Al Arabiya News Channel melaporkan, Ahad (27/09/2015).

“Saya percaya Iran seharusnya lebih mengetahui untuk tidak bermain politik dengan tragedi yang menimpa orang-orang yang sedang melakukan ibadah mereka yang paling suci,” kata Menteri Luar Negeri Adel al-Jubair.

Presiden Iran Hassan Rowhani, yang juga sedang berada di New York untuk Sidang Umum PBB, telah menuntut penyelidikan terjadinya bencana hari Kamis, yang menyebabkan setidaknya 136 orang Iran tewas.

Tapi Jubair, memberikan pernyataan bersama Menteri Luar Negeri AS John Kerry, menegaskan bahwa Arab Saudi telah menangani situasi.

“Kerajaan telah memiliki sejarah panjang menghabiskan sumber daya yang luar biasa melayani para jamaah haji untuk memastikan bahwa para jamaah haji yang datang ke sana dapat melaksanakan ibadah dengan baik,” katanya.

“Kami akan mengungkapkan fakta-fakta yang ada. Dan kami tidak akan menahan sesuatu pun. Jika terdapat kesalahan yang disengaja, yang membuat kesalahan akan bertanggung jawab,” kata Jubair.

“Dan kami akan memastikan bahwa kami akan belajar dari peristiwa ini dan kami akan memastikan bahwa hal itu tidak akan terjadi lagi. Saya ingin mengulangi lagi bahwa ini bukan situasi yang dapat digunakan untuk bermain politik.

“Saya berharap para pemimpin Iran akan lebih masuk akal dan lebih bijaksana berkaitan dengan orang-orang yang meninggal dalam tragedi ini, dan menunggu sampai kita melihat hasil dari penyelidikan.”

Korban meninggal akibat insiden berdesakan  di hari Kamis luar kota suci Makkah selama ibadah haji tahun ini meningkat menjadi 769 orang, Menteri Kesehatan Saudi Khaled Al-Faleh mengatakan sebelumnya pada hari Sabtu.

Jumlah korban cedera yang diketahui saat ini adalah 934, katanya dalam konferensi pers.

Penyelidikan untuk menentukan penyebab (motif)  di balik insiden masih berlangsung.

 

Sumber : muslimdaily.net

Website ini didukung oleh Muslim Designer, Niaga Berkah dan Jilbab SHAREEFA

Comments

comments

About andysyauqi