Home / Berita / MCB Minta Pemimpin Politik Inggris Cegah Islamphobia
(foto:MBC.org.uk)
(foto:MBC.org.uk)

MCB Minta Pemimpin Politik Inggris Cegah Islamphobia

LONDON — Dewan Muslim Inggris (MCB) mengirim surat resmi yang ditujukan kepada semua pimpinan partai politik di Inggris. Mereka meminta politisi dan partai politik memberi perhatian khusus terhadap isu penanggulangan dan pencegahan penyebaran Islamphobia sebagai program kerja mereka, menyusul sejumlah insiden serangan yang dialami Muslim di Inggris, beberapa waktu lalu, demikian dilansir Ekklesia, Kamis (29/12).

Serangan kebencian terjadi di Inggris dalam beberapa bulan terakhir. Tiga insiden menjadi pusat perhatian dunia, yakni penusukan terhadap Muslim dan penganiyaan terhadap seorang Muslimah di London, Inggris, serta, adanya coretan-coretan grafiti di dinding Masjid Cumbernauld, Skotlandia.

MCB menilai peningkatan kebencian terhadap Islam meningkat seiring dengan adanya peningkatan serangan terhadap komunitas Muslim. Dalam surat yang ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal MCB Harun Khan, tersebut, MCB meminta para politisi dan pimpinan partai politik di Inggris untuk bisa melawan penyebaran kebencian tersebut.

”Saat ini, melawan penyebaran kebencian bukan menjadi isu yang diangkat oleh semua pimpinan partai politik. Kami menulis surat ini untuk semua pimpinan partai politik dari semua partai, meminta mereka untuk mendukung dan menunjukan solidaritas kepada komunitas Muslim untuk bisa menghalangi berkembangnya Islamophobia, yang justru memecah belah masyarat kita,” Isi dalam surat tersebut.

Tidak hanya itu, dalam surat tersebut, MCB juga secara khusus menyoroti pemberitaan media massa terkait aksi terorisme. Menurut mereka, penggambaran teroris di media-media massa justru menyudutkan komunitas Muslim. Pasalnya, penggambaran pelaku teror di media massa seolah mengarah kepada komunitas Muslim di Inggris.

Isi surat itu pun menulis, MCB berharap Islamphobia dapat dicegah. ”Meskipun skala Islamofobia di Ingggris tidak seperti sebagian besar wilayah lain di Eropa, tapi kami tidak mau mengambil resiko dan berharap kami bisa mendapatkan dukungan untuk bisa mempertahankan nilai-nilai yang dianut bangsa ini.”

Comments

comments

About Agus Iskandar Darmawan