Home / Berita / Tiga Sa, Rumus Hidup Rukun dari Aa Gym
Aa Gym di Acara Apel Bersatu Bandung/AgusID
Aa Gym di Acara Apel Bersatu Bandung/AgusID

Tiga Sa, Rumus Hidup Rukun dari Aa Gym

BANDUNG — KH Abdullah Gymnastiar (Aa Gym), Pengasuh Daarut Tauhiid Bandung berbagi rahasia tentang hidup rukun antarsesama. Pesan itu disampaikan saat menghadiri Apel Nusantara Bersatu 2016 di Lapangan Gasibu Bandung, Rabu (30/11).

Aa Gym menyampaikan sejumlah pesan persatuannya di hadapan sekitar 15 ribu orang yang hadir pada apel yang digagas oleh Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo itu, sebagai upaya menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. “Jadi ada rumusnya sederhana kalau kita ingin akur, rumusnya ada tiga yakni saya aman bagimu, kedua saya menyenangkan bagimu dan ketiga saya bermanfaat bagimu,” kata Aa.

Ia menuturkan perbedaan merupakan hal berharga atau fitrah yang dimiliki Indonesia dari Allah SWT mulai dari suku, bahasa, hingga agama di Indonesia yang merupakan representasi dari Binneka Tunggal Ika.
Menurut dia, rumus rukun pertama yakni tidak merugikan siapapun ialah perilaku harus baik secara perkataan hingga perbuatan yang dilakukan. Cara menyenangkan orang lain, kata Aa Gym, bisa dilakukan dengan gerakan 5-S yakni senyum, salam, sapa, sopan, dan santun.

“Sehingga jangan pernah kehadiran kita merugikan siapa pun, perkataan jangan merugikan siapa pun dan jangan merugikan orang lain,” kata dia.

Rumus rukun kedua yakni saya aman bagimu memiliki arti bahwa setiap individu sebaiknya jangan atau tidak merugikan siapa pun baik secara perkataan hingga perbuatan yang dilakukan.

“Sementara rumus bermanfaat untuk orang lain ialah kita harus saling membantu akan menjadi manfaat dan nilai ibadah yang membuat antar sesama tetap rukun. Dengan menerapkan rumus tersebut, ia yakin bangsa ini bisa terus bersatu,” kata dia.

Comments

comments

About Agus Iskandar Darmawan