Home / Berita / Kelompok Pemberontak Houthi Bentuk Pemerintah Baru Yaman
Kota tTua Yaman_dokumentasi Rueters
Kota tTua Yaman_dokumentasi Rueters

Kelompok Pemberontak Houthi Bentuk Pemerintah Baru Yaman

Sanaa — Kelompok Pemberontak Houthi Yaman dan sekutu-sekutu politiknya membentuk pemerintahan baru pada Senin (28/11), menurut laporan kantor berita negara setempat, Saba. Dewan Pemimpin Politik mengumumkan kabar tersebut.

Langkah tersebut merupakan pukulan bagi upaya-upaya yang didukung Perserikatan Bangsa-bangsa dalam mengakhiri perang hampir selama 20 bulan di negara itu.

“Pertemuan (Dewan) menekankan bahwa pemerintah, yang dibentuk di tengah kondisi sulit yang dialami negeri ini, bertugas menempatkan agar situasi internal dan menghadapi agresi, ” kantor berita Saba melaporkan, seperti dikutip dari AlJazeera.

“Dewan mencatat bahwa ini terjadi di tengah kerasnya dari agresi dan tentara bayaran Yaman untuk bergerak dalam kerangka solusi nasional … untuk cadangan negara pertumpahan darah lebih lanjut dan kehancuran. ” lanjut Saba.

Sementara itu, Rejeh Badi, Juru Bicara untuk Pemerintah President Rabbu Mansour Hadi, menanggapi gerakan tersebut sebagai bukan hanya mengabaikan Bangsa Yaman, tetapi juga dunia internasional.

“Sudah satu tahun setengah sejak kekerasan timbul oleh Militan Houthi. Tak ada satupun di dunia internasional yang mengakui apa pun yang mereka bentuk,” kata Badi.
Diplomat berharap Houthi, yang menguasai ibukota Sanaa, menunda pembentukan kabinet loyalis mereka dan membentuk pemerintah persatuan dengan lawan mereka, mereka yang terpaksa mengasingkan diri di Arab Saud, demikian dilansir Aljazeera

Comments

comments

About Agus Iskandar Darmawan