Home / Berita / Innalillahi, Kabar Duka Dari Mina, Ratusan Jamaah Haji Meninggal Akibat Berdesakan
tragedi-mina-2015

Innalillahi, Kabar Duka Dari Mina, Ratusan Jamaah Haji Meninggal Akibat Berdesakan

Sekitar 220 orang jamaah haji dikabarkan meninggal dunia dalam tragedi Mina Hari Kamis (24/09/2015) siang, demikian kata Direktorat Pertahanan Sipil Arab Saudi sebagaimana dikutip Al Jazeera.

Pihak pemerintah Saudi mengatakan, setidaknya 400 jamaah lainnya mengalami luka-luka akibat terinjak-injak, yang berlangsung di Mina, di pinggiran Kota Suci Makkah.

Sebagaimana diketahui, jumlah jamaah haji tahun ini diperkirakan mencapai sekitar 2 juta orang.

Saudi Gazette mengatakan, pemerintah sedang menerjunkan 4000 personil guna menangani insiden akibat desak-desakan ini. Setidaknya, 220 ambulans dan peralatan lain telah diterjunkan.

Wartawan Al Jazeera di Makkah, Omar Alsaleh, melaporkan, jumlah meninggal mungkin bisa meningkat.

“Ini hanya jumlah awal … awal haji kemarin sudah dibayangi oleh kecelakaan crane (Derek) yang telah menewaskan 107 orang dan melukai lebih dari 200 lain. Enam lokasi telah terjadi perubahan besar-besaran untuk memungkinkan lebih banyak peziarah mengunjungi Makkah selama musim haji, “ begitu kutipnya.

Tragedi-Mina-3

Sementara Arab News memberitakan, tim pertahanan sipil sedang mengarahkan peziarah mengambil rute lain yang lebih aman dan operasi penyelamatan masih sedang berlangsung.

Cuplikan adegan foto dan video amatir yang tersebar di media sosial menunjukkan orang-orang tergeletak di lantai.

Sebelum ini, pada tahun 1990 umat Islam pernah berduka atas musibah tewasnya 1.426 orang jamaah haji akibat saling injak di terowongan Haratul Lisan, Mina. Dari jumlah itu, sebanyak 649 jamaah asal Indonesia. Semoga Allah memudahkan urusan para jamaah dan mereka segera bisa kembali dalam keadaan sehat dan selamat.

Website ini didukung oleh Muslim Designer, Niaga Berkah dan Jilbab SHAREEFA

Comments

comments

About andysyauqi