Home / Berita / Evakuasi Aleppo Dihentikan Tanpa Penjelasan
Evacuees from rebel-held eastern Aleppo ride on pick-up trucks along the government-held area of al-Ramousah bridge,  Syria December 16, 2016. REUTERS/Omar Sanadiki
Evacuees from rebel-held eastern Aleppo ride on pick-up trucks along the government-held area of al-Ramousah bridge, Syria December 16, 2016. REUTERS/Omar Sanadiki

Evakuasi Aleppo Dihentikan Tanpa Penjelasan

Aleppo — Evakuasi warga sipil dan korban luka dari kantong-kantong di Aleppo timur dibatalkan pada Jumat. Badan-badan bantuan dan kendaraan diminta meninggalkan daerah itu tanpa penjelasan, kata Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), demikian dilansir Reuters.

Pemantau Suriah untuk Hak Asasi Manusia, mengatakan total 8.000 orang, termasuk sekitar 3.000 pejuang dan lebih dari 300 terluka, telah meninggalkan kota dalam konvoi bus dan ambulans sejak evakuasi dimulai pada Kamis pagi.

Dalam pesan yang dikirim kepada wartawan, aktivis mengatakan anak-anak “lapar dan menangis” dan orang-orang “kelelahan”, tidak tahu apakah bus akan tiba untuk membawa mereka keluar.
Pada Jumat pagi, hampir 200 pasien dievakuasi telah tiba di delapan rumah sakit ‘kewalahan’ di pedesaan Aleppo Barat, Idlib dan Turki. Pasien korban perang yang terluka mengalami cedera otak dan mata, sementara yang lain dirawat karena penyakit kronis termasuk diabetes, kata WHO.

PBB mengatakan 50.000 orang tetap berada di Aleppo yang dikuasai pemberontak, di antaranya sekitar 10.000 akan dibawa ke provinsi Idlib dan sisanya akan pergi ke kota yang dikuasai pemerintah.

Berdasarkan pada kesepakatan yang diperantarai Rusia dan Turki, jumlah orang yang siap dievakuasi dari Aleppo diperkirakan mencapai 15.000, termasuk 4.000 pejuang pemberontak. Bus pembawa pemberontak mulai berangkat meninggalkan Aleppo timur Kamis sore.

Comments

comments

About Agus Iskandar Darmawan