Home / Berita / Dewan Keamanan PBB Tuntut Israel Hentikan Bangun Pemukiman di Paletina
(File: Abed al-Hashlamoni/EPA)
(File: Abed al-Hashlamoni/EPA)

Dewan Keamanan PBB Tuntut Israel Hentikan Bangun Pemukiman di Paletina

New York — Setelah Amerika Serikat menyatakan abstain dalam pemungutan suara, Dewan Keamanan PBB, Jumat (23/12), mengesahkan resolusi yang menuntut Israel untuk menghentikan pembangunan permukiman di wilayah Palestina yang diduduki mereka.
“Ini adalah hari kemenangan bagi hukum internasional, kemenangan untuk bahasa dan negosiasi beradab, dan penolakan total pasukan ekstrimis di Israel,” kata Saeb Erekat Keplasa Negosiasi Palestina,” seperti dikutip Aljazeera.

Rancangan resolusi diusung Selandia Baru, Malaysia, Venezuela, dan Senegal, untuk dimajukan dalam pemungutan suara, Jumat, satu hari setelah Mesir menarik rancangan di bawah tekanan Israel dan presiden terpilih Amerika Serikat, Donald Trump.

Israel dan Trump sebelumnya meminta Amerika Serikat untuk menggunakan hak veto (hak menolak) pengesahan rancangan di tingkat Dewan Keamanan PBB.

Rancangan resolusi akhirnya disahkan setelah 14 negara menyatakan mendukung. Keputusan itu disambut dengan tepuk tangan meriah.

Resolusi pada Jumat merupakan yang pertama kalinya disahkan Dewan Keamanan menyangkut Israel dan Palestina selama hampir delapan tahun terakhir ini.

Comments

comments

About Agus Iskandar Darmawan