Home / Berita / Dalam Gencatan Senjata, Pemerintah Suriah Lakukan Serangan di Aleppo Timur
Suasana Suriah (Aljazeera)
Suasana Suriah (Aljazeera)

Dalam Gencatan Senjata, Pemerintah Suriah Lakukan Serangan di Aleppo Timur

Pasukan pemerintah Suriah memperbaharui serangan pada wilayah terakhir yang dikuasai pemberontak di Aleppo Timur, menimbulkan kekhawatiran bahwa kesepakatan untuk mengevakuasi warga sipil dan pejuang dari kota hancur mungkin tidak dihormati, demikian dilansir Aljazeera, Rabu (14/12).

“Ada artileri [dipecat] sekarang … ketika saya berbicara,” Zouhir Al Shimale, seorang jurnalis di Aleppo timur, mengatakan kepada Al Jazeera dalam pesan WhatsApp, Rabu(14/12).

“Tak ada bentrokan,” katanya, menjelaskan kelompok-kelompok pemberontak tidak melawan saat ini. “Ada yang terluka, tapi kita tidak tahu berapa banyak. Kita tidak bisa pergi ke luar karena penembakan yang membabi buta,” tambahnya.

Observatorium Hak Asasi Manusia berbasis di Inggris untuk Suriah juga mengatakan penembakan bisa didengar, tapi asalnya tidak jelas. Berbicara kepada kantor berita Reuters, komandan pemberontak mengatakan pasukan pemerintah telah memperbarui serangan dan melanggar gencatan senjata yang dicapai sehari sebelumnya.

Sumber-sumber medis mengatakan kepada Al Jazeera area mesiu digunakan di lingkungan al-Zubdiyeh dan di tempat lain di wilayah tersisa yang dikuasai pemberontak.

Kementerian pertahanan Rusia mengkonfirmasi pasukan pemerintah melanjutkan serangan, mengklaim kelompok pemberontak memecahkan gencatan senjata pada awal Rabu, menurut kantor berita Rusia Interfax.

Aleppo, area komersial sibuk di Suriah, sebagian besar telah dibagi antara barat yang dikuasai pemerintah dan timur yang dikuasai pemberontak sejak 2012. Namun pasukan pemerintah kini menguasai hampir seluruh kota setelah minggu pertempuran sengit dan serangan udara tanpa henti.

Pada Selasa malam, diumumkan gencatan senjata antara pemerintah dan kelompok pemberontak Suriah akan memungkinkan untuk evakuasi puluhan ribu warga dari kantong terakhir yang dikuasai pemberontak di Aleppo timur ke daerah Idlib atau ke Turki. Kesepakatan itu ditengahi oleh Turki dan Rusia.

Comments

comments

About Agus Iskandar Darmawan